Ads 468x60px

Rabu, 07 September 2011

Ratusan Burung Langka Bersarang di Jakarta

Main. Ratusan burung Cikalang Christmas (Fregeta Andrewsi), salah satu burung laut paling langka di dunia ternyata betah tinggal di Indonesia, tepatnya di Teluk Jakarta. 10-20% dari populasi burung Cikalang dunia secara teratur berkumpul di sekitar pulau Rambut, sekitar 4 km dari lepas pantai Jakarta Utara. Mereka tampak nyaman hidup dan berkerumun diantara kerambah dan sampah-sampah ibukota.

Cikalang Christmas adalah burung laut berbadan besar dengan bulu hitam ekor panjang yang bercabang. Burung yang hampir punah ini hanya sekitar 3.000 ekor saja, dikembang biakkan di Pulau Christmas (Australia). Tapi, sepertinya mereka tidak kerasan disana dan lebih memilih ke selat Sunda dan Teluk Jakarta. Belum adanya perlindungan hukum dan kondisi mengenaskan teluk yang kotor dan banyak polusi mengancam fauna ini.

Kita sebagai masyarakat Jakarta berpartisipasi bersama menjaga keberlangsungan hidup burung-burung tersebut. Apalagi, Cikalang Chirstmas memilih teluk Jakarta sebagai habitat barunya secara alami. Sayangnya, baik pemerintah daerah maupun masyarakat belum melakukan apa-apa untuk melindunginya. Padahal, ini akan menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi Indonesia, khususnya Jakarta.

4 komentar:

ASAZ mengatakan...

itu burung yang migrasi gan tidak disebutkan pada bulan apa ada di P. rambut,. di tunggu untuk ikut kontes disini

eMingko mengatakan...

bener kata mas asaz, mungkin bermigrasi. kyak ksus monyet d jwa timur...
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

*>ini penya gue<* mengatakan...

D p.rambut ntu tdak trdapat manusia d sana, karena penghuninya hanya burung!D p.rambut ntu tdak trdapat manusia d sana, karena penghuninya hanya burung!

ANNAMANIAC mengatakan...

All, mgkn saja hny migrasi tp memang hingga saat ini gak mandang bulan apa, banyak burung2 tsb berterbangan ke arah pulau rambut, baik itu ada penghuninya atau tidak.

Anyway, ma kasih ya dah mampir n kasih komen. Blog kalian jg bagus2 :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...