Ads 468x60px

Sabtu, 10 November 2012

5 Fakta Unik Tentang Hamburger


Tak banyak makanan yang dapat benar-benar diidentikkan dengan sebuah Negara, kecuali hamburger dengan Amerika Serikat. Namun, ternyata hamburger sendiri bukan penganan asli di AS. Perjalanan hamburger sangat panjang dan menarik untuk disimak, apalagi ini adalah salah satu makanan terkenal di seluruh dunia. Berikut kami sampaikan 5 fakta unik terkait hamburger:

Bangsa Mongol Penikmat Awal Hamburger
Benar! Genghis Khan dan pasukan berkudanya yang pertama kali membuat dan menikmati hamburger versi simple. Saat pasukannya menuju medan tempur, mereka menyayat daging kambing/ domba hingga menjadi lapisan-lapisan tipis. Lalu mereka meletakkannya dibawah sadel kuda untuk melunakkannya. Saat berhenti untuk membuat kemah, mereka akan membakarnya lalu memakannya dikombinasikan dengan ke roti gandum.

Orang Jerman Membawa Hamburger Ke Amerika
Tradisi Mongol di atas menyebar ke Rusia dan dinamakan Steak Tartare. Dari Rusia lalu masuk ke Jerman, tapi daging kambing/ domba diganti daging babi atau sapi. Imigran Jerman yang mayoritas berasal dari kota Hamburg membawa kuliner ini ke Amerika. Dimodifikasi dengan ditambah bawang bombai, ketimun dan remah roti. Dari sini asal kata Hamburger, yang berarti orang-orang dari kota Hamburg. Bukan dari kata ham dan burger.

Orang Amerika Makan 100 Hamburger Tiap Tahun
Luar biasa ya! Hampir 3 Milyar burger terjual hanya oleh McDonald’s tiap tahunnya. Bila ditambah penjualan restoran lain dan pedagang keliling maka angkanya dapat menyentuh 14 milyar burger per tahunnya. Namun, hamburger tak terlalu diganadrungi di luar benua Amerika.

Petani Oklahoma Menciptakan Burger Bun
Oscar Weber Bilby, petani dari Tulsa – Oklahoma adalah orang pertama yang menyajikan daging dalam burger bun/ roti bulat. Roti bulat ini dibuat oleh Fanny, istrinya. Disajikan pada peringatan kemerdekaan Amerika tahun 1891 dan selalu disajikan rutin tiap tahun sejak itu. Tapi ada juga klaim imigran Jerman yang telah lebih dulu menyajikan potongan daging dalam potongan roti tapi tidak bulat. Oscar bersama anaknya Leo lalu membuka gerai hamburger pertama di tahun 1933 dan masih berjualan hingga kini.

Hamburger Versi Cina
Tiap budaya dan Negara punya versi hamburger sendiri. Di propinsi Xi’an – Cina, Ada penganan lokal terkenal mirip burger bernama Rou Jia Mo. Terbuat dari daging sapi/ domba yang dimasak lama, disajikan di atas roti datar dan diberi saus cabai yang pedas.

Nah, itulah 5 fakta hamburger yang mungkin kamu belum tahu. Di Indonesia, hamburger sendiri bukan termasuk penganan favorit, karena kita masih menjadikan nasi sebagai menu utama. Tapi, beberapa restoran selain McDonald’s juga menjual berbagai variannya yang cukup lezat, seperti A&W, Burger King, Carl’s Jr, Aha & Wendy’s.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...