Ads 468x60px

Jumat, 25 November 2011

Tradisi Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Main. Kalender di bulan Desember 2011 ini tinggal tersisa beberapa hari saja. Setelah itu tahun pun berganti menjadi 2012. Tiap orang di tiap negara akan merayakannya dengan meriah sesuai tradisi masing-masing. Nah, tradisi ini berbeda-beda di tiap negara. Karenanya, kali ini Anam coba tampilkan beragam aktivitas menyambut tahun baru yang unik dari berbagai negara termasuk Indonesia. Silahkan 3M Mania simak dengan senyum sambil menunggu pergantian tahun. Semoga sukses di tahun yang baru. 


Brazil 
Dalam legenda Brazil dikenal sosok dewa laut bernama Lemanja. Tiap malam tahun baru, masyarakat Brazil menyelenggarakan ritual untuk menghormati Lemanja. Nah, di tengah malam pergantian tahun, dengan mengenakan baju putih bersih, mereka bakal berbondong-bondong menuju pantai, menabur bunga di laut, mengubur buah mangga, pepaya & semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa. 
Jerman 
Menurut kepercayaan orang Jerman, kalo mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year's Eve di tanggal 1 Januari, mereka takkan mengalami kekurangan pangan selama setahun penuh. Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan di hari istimewa ini adalah ikan mas. Uniknya, duri ikan mas tersebut akan dibagikan ke para tamu untuk dibawa pulang sebagai jimat keberuntungan. 
Yunani 
Menurut orang Yunani buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Jadi, tiap tanggal 1 Januari, mereka menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko & perkantoran, sebagai simbol doa agar hidup makmur sepanjang tahun baru. 
Italia 
Di Naples, salah satu kota di Italia ada suatu kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pukul 00:00 di tanggal 1 Januari. Jadi, kalau kalian berjalan-jalan di Naples keesokan harinya, jangan heran bila menemukan banyak peralatan dapur, lemari es & barang-barang rongsokan tersebar di jalanan. 
Spanyol 
Tepat tengah malam di tanggal 31 Desember, orang-orang Spanyol biasanya makan anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan hanya 12 butir, dengan maksud mewakili 12 harapan di tahun yang baru. 
Jepang 
Tiap tahun baru, orang Jepang akan menikmati tiga jenis makanan awetan yaitu telur ikan, sebagai simbol kemakmuran; ikan sardin asap biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur; dan manisan tumbuhan laut yang merupakan simbol perayaan. 
Korea 
Orang Korea mempunyai sapaan akrab di setiap tahun baru "Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?". Nah, kalo menurut kepercayaan orang Korea, kalo pada saat malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka takkan bertambah tua tahun itu. 
Indonesia 
Entah darimana datangnya tradisi bakar petasan dan kembang api, tapi yang jelas sampai saat ini saya tidak tahu apa maknanya. Hanya sekedar merayakan dengan kemeriahan atau apa? Begitu juga dengan meniup terompet, tidak dapat dicari riwayat yang jelas apakah memang itu tradisi nenek moyang kita di Nusantara. Ditambah lagi tukar kado dan acara barbekyu. Yang jelas kalau menurut saya pribadi tidak ada tradisi orisinal masyarakat kita terkait Tahun Baru karena semuanya adalah warisan para penjajah atau justru latah karena pengaruh budaya via televisi. 
Bagaimana dengan anda?

1 komentar:

ASAZ mengatakan...

kalau bakar kembang api bawa kolonial belanda, kalau bakar petasan tradisi dari tiongkok, hal-hal yang menyangkut momen penting selalu bakar petasan, Indonesia kaya akan budaya sebagian adalah buya pencampuran misalnya budaya betawi kalai anak disunat atau ada acara nikahan pasti ada bakar petasan(tionghoa) berbalas pantun(melayu) disambut solawat(islam)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...