Ads 468x60px

Senin, 04 Juli 2011

Sejarah Asal Mula Pizza

Makan. Awalnya pizza adalah makanan rakyat miskin di Napoli, Italia Selatan. Namun kini, termasuk di Indonesia, Pizza menjadi makanan yang sangat populer. Rasanya yang ringan, komplet gizi dan cukup mengenyangkan menjadi alasan utama orang menyukai Pizza. Pizza berasal dari kata kuno Italia yang artinya "dicubit". Karena memang seperti itulah cara makannya.

Pizza mulai naik pamor berkat seorang pembuat roti, Raffaele Esposito. Pada tahun 1889, Raffa sengaja membuat pizza dengan cita rasa baru untuk menyambut kunjungan raja Umberto dan ratu Margherita. Kulit Pizza yang renyah diberi topping yang mengacu pada tiga warna bendera Italia, yaitu merah (tomat), putih (keju mozzarella) dan hijau (daun basil). Tak disangka, ratu Margheritta sangat menyukainya sehingga Raffa mengambil nama ratu untuk Pizza buatannya. Sejak saat itu, Pizza Margheritta menjadi terkenal!

Pizza sendiri dikelompokkan menjadi 2 macam varian, Pizza dari Italia Utara yang mengutamakan variasi isi Pizza dan Pizza dari Italia Selatan yang lebih mengedepankan cita rasa bumbunya. Pizza Italia yang tipis dan renyah berbeda dengan Pizza Amerika yang tebal dan mirip roti. Rahasia kelezatan Pizza ada pada 4 hal: kerenyahan kulitnya, kesedapan saosnya, kelembutan kejunya dan kenikmatan kombinasi topping-nya.

Di Indonesia, pizza dapat dibeli dimana saja, baik restoran, delivery order maupun stan pinggir jalan. Mulai yang tipis ala Italia, seperti Izzi Pizza, yang tebal gaya Amerika, seperti Pizza Hut ataupun yang ala jalanan Indonesia, seperti Pizza Rakyat. Semuanya enak! Manapun yang anda pilih, nikmati Pizza dengan sepenuh hati dan rasakan sensasinya.

1 komentar:

kiki norfiyanti mengatakan...

bagi resep pizza dung om

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...