Ads 468x60px

Selasa, 05 Juli 2011

Kupas Tuntas Tentang Pasta

Pasta adalah bahasa Italia untuk adonan. Pasta adalah bahan makanan Italia unggulan yang terdiri dari 2 macam, segar dan kering. Pasta segar dinamakan Pasta All'uovo dan pasta kering disebut Pasta Secca. Yang umum dipakai adalah pasta kering karena mudah diperoleh. Pasta yang berkualitas terbuat dari gandum terbaik yang kaya serat bernama gandum durum atau Semolina. Pasta Semolina tidak mudah lembek ketika direbus dan memberi warna keemasan pada pasta.


Pasta memiliki sejarah panjang. Pertama kali diperkenalkan Marcopolo pada abad ke-13 sekembalinya dari Tiongkok. Ada lebih dari 600 variasi pasta dan tiap bentuknya memberikan rasa yang berbeda sehingga jenis saus yang dipakai pun tergantung bentuk pastanya.


Pasta mungil beraneka bentuk biasanya dipakai untuk isi sup. Pasta solid berjenis spaghetti berbentuk mirip lidi. Pasta jenis makaroni atau berbentuk tabung, yang terkenal penne dengan ujung tajam dan rigatoni dengan tekstur kasar. Ada pula pasta yang bisa diisi seperti lasagna yang lebar dan panjang atau cannelloni yang berbentuk tabung besar. Jenis lainnya adalah semacam pangsit isi bernama ravioli dan pangsit mini bernama tortellini.


Jika membeli pasta dalam jumlah banyak, simpan pasta kering dalam toples di tempat kering dan sejuk. Cantumkan tanggal kadaluarsanya. Pasta kering harus direbus dalam air mendidih yang diberi garam hingga matang tapi tidak terlalu lunak atau al dente. Campur juga sedikit minyak goreng agar tidak lengket satu sama lain. Tips-tips ini selain dari internet juga saya pelajari dari istri yang sering memasakkan spaghetti atau penne untuk saya.

1 komentar:

Muhammad Gustavie mengatakan...

Italiano banget makanan ini....

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...