Ads 468x60px

Rabu, 10 Agustus 2011

Sejarah Stasiun Televisi Nasional

Sejak 1962, Indonesia hanya memiliki satu saluran televisi, yaitu TVRI. Selama 27 tahun masyarakat Indonesia dihibur oleh Aneka Ria Safari, Film Akhir Pekan, Rumah Masa Depan, Kamera Ria, Unyil, Ria Jenaka dan masih banyak lagi. Hingga di tahun 1989, pemerintah mengizinkan kehadiran RCTI sebagai televisi swasta pertama dan masyarakat dapat menikmatinya menggunakan dekoder dan parabola. Kita mulai mengenal Body by Jack, Wok with Yan, Tour of Duty, Doraemon dan lainnya. RCTI  pun akhirnya resmi terbuka untuk seluruh masyarakat sejak 1992. Mau tahu bagaimana sejarah berbagai televisi yang kini eksis menghibur di Indonesia? Simak uraiannya dibawah ini.

1.TVRI
Televisi Republik Indonesia adalah stasiun pertama di Indonesia dan mulai mengudara 23 Agustus 1962 dengan tayangan Hari Kemerdekaan RI ke-17 berupa hitam putih. TVRI juga memiliki programa 2 yang mulai mengudara pada tahun 1989. Sampai saat ini TVRI berusaha tetap bertahan agar tidak ditinggalkan pemirsanya dengan melakukan berbagai acara yang unik dan inovatif.

2. RCTI
Singkatan dari Rajawali Citra Televisi Indonesia. Pertama mengudara pada 13 nopember 1988 dengan siaran percobaan dan diresmikan pada 24 agustus 1989. Saat itu hanya pemilik dekoder yang bisa menonton televisi dengan logo rajawali ini. RCTI identik dengan Doraemon, Seputar Indonesia dan aneka sinetron.

3. TPI
Awal berdirinya 1 Januari 1991, Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) mengkhususkan pada siaran edukatif dan segala upaya mencerdaskan anak bangsa. Namun semakin lama lebih identik dengan dangdut. Acara yang paling dikenal adalah Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan Audisi Pelawak Indonesia (API). Kini, di tengah kekisruhan kepemilikan, TPI berganti nama menjadi MNCTV.

4.SCTV
Mengudara pertama kali di Surabaya, 24 Agustus 1990. Karenanya memiliki nama Surabaya Central Televisi, sebagai televisi lokal yang menjangkau hingga Jawa Timur bagian utara dan timur. Pada tahun 1991, pancaran televisi berlogo mentari ini meluas sampai Jawa-Bali sehingga berganti nama menjadi Surya Citra Televisi Indonesia. Acara yang cukup melekat di hati masyarakat adalah Liputan 6.

5.ANTV
Tahun 1993, muncul Andalas Televisi yang disingkat Anteve sebagai televisi lokal di kota Lampung. Tak lama kemudian Anteve pun boyongan ke Jakarta dan mulai siaran secara nasional sebagai ANTV. Televisi ini dikuasai oleh grup bisnis Bakrie. Tayangan langsung Liga Indonesia (Ligina) seakan menjadi paten ANTV.

6.INDOSIAR
Lahir 11 Januari 1995 dengan ikon unik ikan terbang. Awal kemunculannya banyak menayangkan drama dan serial Hongkong. Salah satu yang terkenal adalah Return of The Condor Heroes dan To Liong To. Indosiar juga identik dengan tayangan kriminalitas lokal; Patroli.

7. METROTV
Media Televisi Indonesia atau MetroTV bersama harian Media Indonesia ada di bawah Media Group pimpinan Surya Paloh. Mulai mengudara pada 25 Oktober 1999 dan mengudara non stop 24 jam sejak 1 April 2001. Televisi ini mengedepankan tayangan berita sebagai ciri khasnya. Yang terkenal saat ini adalah Metro Hari Ini, Kick Andy dan Mario Teguh.

8.TRANSTV
Meskipun mendapatkan ijin pada 1 Agustus 1998, TransTV baru resmi siaran pada 10 November 2001. Dengan pasukan mudanya, acara-acara TransTV sangat menghibur dan bernas. Mayoritas acaranya adalah inhouse made dan dibuat di luar studio. Acara yang terkenal diantaranya Jika Aku Menjadi, Termehek-mehek dan banyak reality show lainnya.

9.TRANS7
Awal berdiri bernama TV7 dan merupakan bagian dari Kelompok Kompas Gramedia (KKG). Namun televisi yang pernah ngetop dengan tayangan balap motoGPnya ini akhirnya bangkrut dan diakuisisi oleh Para Group dan berubah nama menjadi Trans7 pada tahun 2006. Opera Van Java (OVJ) merupakan ikonnya.

10.TVOne
Dilahirkan pada 9 Agustus 2002 oleh pengusaha nasional Abdul Latief dengan nama Lativi. Hanya saja, hampir semua tayangannya kontroversial, berbau klenik, erotisme dan kekerasan. Salah satunya adalah Cerita Malam dan Smackdown. Pada 2006, Grup Bakrie mengakuisisi dan merubahnya menjadi TVOne. Dengan mengandalkan Karni Ilyas, TVOne menjadi pesaing utama MetroTV sebagai televisi yang mengandalkan berita sebagai dagangannya.

11.GlobalTV
Diluncurkan 5 oktober 2002 oleh MNC Group yang juga memiliki RCTI dan TPI dengan sasaran kalangan muda. Karenanya Global bekerja sama dengan MTV Asia yang sebelumnya direlay Anteve. Kini jualan utama GlobalTV adalah tayangan kartun baik dari Nickelodeon, Anime maupun kanal luar lainnya.

Diluar 11 televisi nasional ini, di tiap daerah juga memiliki televisi lokal masing-masing. Misalnya, di Jakarta kita dapat menikmati O-Channel, BTV, DAAI TV, TV Edukasi dan El-Shinta TV. Banyak ya? He7x... Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...