Ads 468x60px

Sabtu, 10 September 2011

Gelar Doktor Honoris Causa untuk JK

Pertama-tama, ijinkan saya Achmad Annama (Anam), Sekjen Kelompok Intelektual Muda (KIM) Partai Golkar periode 2005-2010 mengucapkan selamat kepada bapak bangsa, wakil presiden RI masa jabatan 2004-2009, Ketua Umum DPP Partai Gokar periode 2005-2010 dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) atas gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang ekonomi politik yang diraihnya. Gelar ini diberikan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. DR. Idrus Paturusi di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Sabtu malam 10 September 2011. Penganugerahan ini disaksikan para pejabat, tokoh-tokoh nasional asal Sulawesi Selatan dan ribuan sivitas akademika.

Lalu, kenapa putra kebanggan Sulawesi Selatan ini dinilai layak mendapatkan gelar ini? Nah, dasar utamanya adalah karena JK telah berperan penting dan berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa ini, baik sebagai pengusaha, saat menjabat di pemerintahan maupun saat ini. Ini juga diperkuat dengan orasi ilmiah Alumni Unhas dengan nomor induk 501 ini dan konsepnya yang dikenal dengan Kallanomics. Apa itu? Kallanomics adalah konsep pemulihan ekonomi nasiona menggunakan skala prioritas namun bertumpu pada realitas ekonomi, akuntabilitas dan transparansi yang dilaksanakannya selama menjadi wakil presiden.

Gelar Doktor (HC) yang dikeluarkan Unhas kepada JK ini merupakan gelar kedelapan. Gelar akademik serupa dengan bidang yang berbeda-beda telah diberikan kepada Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, Mantan Wakil Perdana Menteri (PM) RI, Chaerul Saleh, Mantan Wakil Presiden RI pertama, Muhammad Hatta, Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, Presiden RI ketiga, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, PM Malaysia, Tun Abdul Razak dan terakhir Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin Tumpa. Dalam kesempatan itu juga diberikan Hasanuddin Award bidang Kerjasama kepada 2 guru besar Universitas Kyoto, Jepang yaitu: Prof. Tanaka Koji dan Prof. Ososawa.

Sekali lagi selamat kepada JK. Terus berkarya, demi bangsa dan negara. Agar dapat menjadi teladan bagi kami generasi muda untuk mengikuti jejak langkah muliamu.

1 komentar:

ASAZ mengatakan...

selamat ya pak Jk atas penghargaan ini

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...