Ads 468x60px

Selasa, 25 Oktober 2011

7 Bandara Termegah di Dunia

Main. Airport atau bandar udara (bandara) memang sering kali dijadikan sebagai landmark sebuah negara. Alasannya, karena memang keunikan bandara bukan hanya dijadikan sebagai prasarana transportasi massal, tapi juga menjadi tolak ukur dari kemajuan sebuah negara dalam memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakat banyak. Selama ini mungkin jarang wisatawan yang memperhatikan seperti apa desain bandara yang disinggahi. Karena pada umumnya, orang ke bandara untuk melakukan perjalanan lewat udara. Padahal, jika Anda sedikit mau memperhatikan, akan ada saja sesuatu yang indah dan unik.


Nah, di bawah ini ada tujuh bandara yang dinilai desainnya sangat indah:
Terminal 3, Beijing International Airport
Terminal yang resmi dibuka saat Olimpiade 2008 lalu ini memiliki luas lebih dari dua mil dan dianggap mewakili seekor naga. Arsitek Foster and Partners mendesain langit-langit terminal dengan sebuah komplek dizzyingly mess yang memungkinkan sinar matahari menembus ke dalam zona merah dan kuning. Tidak hanya skema warna, secara tradisional Tiongkok juga meningkatkan fungsi gedung dengan membantu penumpang dapat menavigasi gedung. 
Terminal 4, Barajas Airport, Madrid 
Terminal 4 ini dibuka tahun 2006 dan dirancang oleh Richard Rogers Partnership. Pylons yang berwarna-warni membentuk atap bergelombang dengan lapisan bambu menciptakan gedung tersebut selalu dalam waktu siang hari. Kedatangan dan keberangkatan penumpang harus melewati salah satu ruang spektakuler dengan teknologi canggih. Terminal yang dirancang untuk dapat menampung 35 juta penumpang per tahun itu memang menjadi satu-satunya bandara terbesar di Eropa. 


TWA Terminal, John F. Kennedy Airport, New York 
Merupakan Bandara Internasional yang terletak di Queens Country atau sekitar 12 mil (19 km) dari Lower Manhattan. Ini satu-satunya bandara tersibuk di Amerika Serikat. Bandara tersebut diberi nama setelah John F. Kennedy menjabat sebagai presiden Amerika Serikat yang ke 35. Hingga kini lebih dari 90 maskapai penerbangan beroperasi di sana. 
Carrasco International Airport, Montevideo, Uruguay 
Dibangun tahun 2009 dan dirancang arsitek lokal, Rafel Vinoly dengan bentuk mirip dengan John F.Kennedy Airport pada 1960. Sedangkan aula kedatangan Internasional dirancang Skidmore, Owings and Merrill. Aula bandara yang berbentuk lengkungan ini jika dilihat secara sederhana seperti gambar seorang anak yang sedang berada di bandara. Di dalamnya, ruang keberangkatan dibangun cukup besar, mirip stasiun kereta api tua. 


Incheon International Airport, Korea Selatan 
Sejak dibuka tahun 2001, Incheon, yang dirancang arsitek Fentress Denver, sering masuk dalam daftar bandara terbaik di dunia. Tidak hanya efisien dan ramah, bandara juga merupakan sebuah karya budaya Korea. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Incheon adalah Pine Tree Garden di Millenium Hall dan Wildflower Garden di lantai dasar Pusat Perhubungan. 
Chek Lap Kok Airport, Hong Kong. 
Dibandingkan bandara Beijing yang spektakuler, Chek Lap Kok rupanya lebih spektakuler. Berada di bandara ini, Anda seperti berada di dalam pesawat luar angkasa dalam film Star Trek. Karena keseluruhan gedung bandara ini, didominasi warna silver. Tidak hanya struktur bangunannya saja, teknologi di dalam gedung juga sangat canggih. 


Malvinas Argentinas Airport, Ushuaia, Argentina 
Terletak di Tierra del Fuego di ujung Amerika Selatan, bandara internasional kecil ini dibuka tahun 1995 menggantikan yang lama. Bandara ini telah digunakan berbagai maskapai penerbangan yang berbeda dari berbagai periode. Bandara internasional yang berada di belahan bumi selatan ini juga sering digunakan oleh penumpang sebagai pintu gerbang ke Antartika. 
Nah, Jika Anda berkesempatan mengunjungi salah satu negara ini, abadikanlah keindahan dan kemegahan bandara ini bersama Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...