Ads 468x60px

Rabu, 26 Oktober 2011

Badak Jawa, Punah di Vietnam Terancam di Indonesia

Main. Populasi badak Jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) di Indonesia dan di beberapa negara Asia semakin sedikit jumlahnya. Bahkan berdasarkan survei selama 2009-2010 di Taman Nasional Cat Tien, World Wide Foundation (WWF) dan The International Rhino Foundation (IRF) menyatakan badak Jawa di Vietnam sudah punah. Duh! Populasi badak di Vietnam terus menurun disebabkan perburuan liar dan lemahnya penegakan hukum. Tidak cuma badak, WWF menyebut beberapa satwa di Vietnam juga berada di ambang kepunahan. Hewan-hewan itu antara lain harimau, gajah Asia, dan buaya siam. 


WWF menyatakan, populasi badak Jawa kini tinggal sekelompok kecil di taman nasional kecil di Indonesia (Ujung Kulon). Jumlahnya sekitar 50 ekor. Badak di Ujung Kulon juga terancam punah oleh banyaknya permintaan cula untuk obat-obatan tradisional. Karena itu, perlindungan terhadap hewan tersebut menjadi prioritas. Untuk itu, International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyerahkan bantuan kepada pemerintah Indonesia lewat wakil presiden RI senilai US$ 1,9 juta untuk menyelamatkan badak Jawa di Ujung Kulon. 


Harapannya, pemerintah membuatkan habitat khusus untuk badak betina di Ujung Kulon. Sebab, dari 50-an badak Jawa yang tersisa, jumlah badak betina hanya 4-5 ekor. Kedua, IUCN meminta pemerintah menggalang dukungan internasional untuk mengatasi perdagangan gelap satwa liar tersebut. IUCN juga meminta pemerintah mencanangkan Tahun Badak Internasional pada tahun 2012 mendatang

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...