Ads 468x60px

Minggu, 16 Oktober 2011

Aman Berkendara di Kala Hujan

Main. Sekarang sudah memasuki musim penghujan. Berkendara saat hujan sungguh jauh berbeda dibandingkan di kala panas. Apalagi kalau curah hujan yang turun cukup lebat. Karena, jalanan menjadi licin dan basah, sehingga pengemudi harus ekstra hati-hati mengemudikan kendaraanya. Sehingga kita ingin main kemanapun tetap terjamin keselamatannya. Saya Achmad Annama (Anam) punya beberapa tips yang harus benar-benar kita cermati yang saya sarikan dari berbagai sumber.


Rem
Jika masih menggunakan sistem tromol, injak pedal rem berulang-ulang agar kembali kering dan tak mengurangi cengkeramannya. Saat menembus genangan air atau banjir, tromol rem ini akan basah dan mengurangi daya kerjanya. Tugas kita lah untuk memastikannya tetap kering.
Kabel Busi dan Distributor
Jaga agar keduanya tidak basah kena air. Bila terjadi, segera keringkan dengan cara mengelapnya. Jaga juga agar air tidak masuk atau terhisap intake manifold. Bila ini terjadi maka mesin bisa jebol dan butuh biaya besar untuk perbaikannya.
Karet Penutup Dek
Tak banyak yang memperhatikannya karena berada di bawah karpet dan berfungsi menghalangi air tidak membasahi lantai mobil. Perhatikan satu per satu, ganti bila sudah ada yang longgar atau lepas. Sepele sih, tapi kalau air sampai masuk ke kabin khan kita juga yang repot.
Sistem Kelistrikan 
Cek seluruh sistem kelistrikan anda, siapa tahu ada sambungan kabel yang terkelupas. Karena bila terkelupas dapat menimbulkan hubungan pendek/ korsleting yang memutuskan sekring. Pemeriksaan ini dapat anda lakukan di waktu senggang, sebelum musim hujan datang. 


Lewati jalan yang tergenang air dengan yakin dan percaya diri. Masukkan persneling ke posisi satu lalu tekan gas perlahan-lahan sampai jarum putaran mesin menunjuk angka 3.000 rpm. Jangan injak gas beurlang-ulang karena akan menyebabkan kipas mesin menyedot banyak air sehingga berbahaya bagi mesin. Jangan kuatir bila air masuk ke saluran pembuangan/ knalpot karena saat mesin menyala air akan menyemprot sendiri terdorong gas buang. Jadi selamat berkendara dengan aman di kala hujan, selamat bermain dan berwisata kuliner.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...