Ads 468x60px

Kamis, 13 Oktober 2011

Pohon Soekarno di Tanah Suci

Main. Bila anda pergi haji atau umrah pasti akan mendengar tentang keberadaan Syajarah Sukarnu atau dalam bahasa Indonesianya Pohon Soekarno. Lalu, bagaimana sejarahnya, pohon yang di Indonesia dikenal sebagai Pohon Mimba/ Mindi  ini bisa berada di tiap sudut kota-kota Arab Saudi, khususnya Mekkah, Madinah dan Jeddah? Ternyata, pohon ini memang dibawa Presiden RI pertama itu saat berhaji ke tanah suci. Sebagai tokoh Gerakan Non Blok terpandang saat itu, Bung Karno menawarkan ide penanaman pohon ini dan mengembang biakkannya di gurun pasir yang tandus tersebut.


Bak gayung bersambut, ide ini diterima pihak kerajaan dengan tangan terbuka. Maka pemerintah RI saat itu mengirimkan puluhan ribu bibit pohon beserta pakar-pakar tanamannya ke Arab Saudi. Hasilnya, saat ini di kawasan Padang Arafah saja sudah menghijau puluhan kilometer dengan keberadaan pohon yang tingginya mencapai 2-3 meter ini. Menariknya, pohon ini ditanam di lokasi-lokasi yang akan ditempati tenda-tenda jamaah haji yang akan melaksanakan wukuf. Sehingga bermanfaat menghalangi teriknya mentari dan mengurangi suhu yang ekstrim.


Kerajaan Arab Saudi sendiri berkomitmen memelihara pohon-pohon ini secara khusus. Mereka membuat sistem pengairan bawah tanah untuk menyirami tiap pohon ini secara rutin. Dan kita beserta seluruh jamaah haji yang berhasil tiba disana dengan selamat pasti cukup bangga dengan keberadaan pohon Soekarno ini. Maka, cintailah negerimu, lestarikan budayanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...