Ads 468x60px

Sabtu, 22 Oktober 2011

Tembok Besar China Terancam Roboh

Main. Tragis! Akibat maraknya aktivitas tambang di sekitarnya, Tembok Besar China/ Tiongkok terancam roboh saat ini. Parahnya, salah satu dari tujuh keajaiban dunia dengan panjang 6.400 km dan melintasi 11 propinsi ini akan segera hancur bila penambangan ini tetap dibiarkan. 


Sebagaimana disebutkan dalam laman Reuters, salah satu temboknya yang berada di Laiyuan, Hebei, Tiongkok ini terancam ambrol akibat maraknya puluhan tambang kecil yang berjarak sangat dekat, kurang dari 100 meter. Keberadaan tambang tembaga, besi dan nikel baik yang legal maupun liar ini mengganggu stabilitas tembok yang telah berusia berabad-abad ini. Karena aktivitasnya pasti melibatkan penggalian, pengerukan dan pengeboman yang merubah struktur tanah.


Izin penambangannya sendiri dikeluarkan oleh Biro Sumber Daya Mineral (SDM) setempat tanpa berkonsultasi dengan Departemen Warisan Budaya. Surat ijin dikeluarkan tanpa mempertimbangkan keberadaan Tembok Besar Tiongkok yang telah mendatangkan jutaan wisatawan mancanegara tiap tahunnya dan menjadikan lokasi tersebut destinasi wisata utama dunia. Semoga saja segera ada jalan keluar sehingga warga dunia tidak bersedih kehilangan salah satu keajaibannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...