Ads 468x60px

Sabtu, 15 Oktober 2011

Candi-candi Padang Lawas Terancam Pemburu Harta Karun

Main. Sudah jatuh tertimpa tangga pula! Begitulah kira-kira nasib candi-candi di Padang Lawas, Sumatera Utara. Selain terbengkalai karena tidak adanya perhatian serius dari pemerintah, kini situs-situs bersejarah tersebut terancam perusakan oleh para pemburu harta karun. Miris! Fakta ini diungkap oleh Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 


Salah satu bukti nyata menimpa Candi Sangkilon yang rusak konstruksi maupun pondasi sekelilingnya karena penggalian liar. Hal ini sudah dilaporkan oleh para petugas yang berwenang namun tidak ada reaksi apapun baik dari pemerintah daerah maupun dari aparat kepolisian. Pemerintah pusat sendiri seakan tak peduli dengan cagar budaya ini, karena tak ada rencana apapun untuk melakukan restorasi dan pemugaran secepatnya. Retakan-retakan parah yang sekarang terdapat pada dinding candi diduga akan mempercepat kerobohannya. 


Sebagai bangsa yang berbudi luhur dan menghormati warisan nenek moyang, harusnya masyarakat sekitar bekerja sama dengan Badan  Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Sumut-Aceh dalam menjaga situs bersejarah ini. Karena, bukan tak mungkin suatu saat dapat menjadi destinasi dan daya tarik wisata sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat. Semoga!

1 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

kalau mau kesana rutenya mana ya???
pengen liat, candi di sumatra...

Stylish Generation

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...