Ads 468x60px

Senin, 03 Oktober 2011

Cindy, Doktor Wanita Indonesia Termuda

Wow! Perempuan muda Indonesia ini berhasil menjadi doktor pada usia 26 tahun. Cindy Priadi namanya, ia berhasil menamatkan studi doktoralnya di Unviersitas Paris-Sud, Perancis berkat beasiswa dari Pusat Kebudayaan Perancis. Lulusan ITB kelahiran Bandung, 30 Januari 1984 ini awalnya ingin melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri. Ia mengambil program studi ilmu lingkungan dengan tesis berjudul “Caracterisation des Phases Porteuses: Metaux Particulaires en Seine” dan lulus pada 2007. Isinya tentang penelitian logam berat yang terkandung dalam Sungai Seine, Perancis.

Saat menyelesaikan tesisnya tersebut, pemerintah Perancis dan sebuah lembaga penelitian milik perusahaan air minum lokal tertarik membiayai kelanjutan penelitiannya di jenjang S3. Saat mengambil S3, ia mengambil program studi Geokimia Lingkungan di universitas yang sama. Seluruh biaya penelitian dan biaya hidup ditanggung sepenuhnya selama 3 tahun. Mereka tertarik karena ingin mengetahui kadar air sungai tersebut dan untuk keperluan membuat instalasi dan pengelolaan air sungai dalam jangka panjang.

Cindy kini menjadi dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) program studi Teknik Lingkungan. Di sela-sela kesibukannya ia masih menyempatkan diri untuk mengambil tes balet. Menurutnya hidup harus dinikmati agar dapat meraih apa yang diinginkannya. Yang terpenting adalah kemauan dan tekad yang bulat. Target ke depannya adalah dia ingin meraih gelar profesor. Ia juga berharap dapat memberikan banyak gagasan terkait lingkungan hidup kepada masyarakat Indonesia sehingga hidup menjadi manusia yang berguna.

Satu lagi, generasi muda Indonesia dengan prestasi cemerlang! Patut kiranya dijadikan panutan dan teladan agar kita semua selalu bersemangat dalam meraih cita-cita. Setuju?

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...