Ads 468x60px

Kamis, 17 November 2011

Essalam, Masjid Terbesar di Belanda

Main. Masjid Essalam yang terletak di pusat kota Rotterdam, adalah masjid terbesar di Belanda sekaligus salahs atu yang terbesar di seluruh Eropa Barat. Pembangunannya memekan waktu 11 tahun dan didanai sepenuhnya oleh Yayasan Al Maktoum milik penguasa Dubai dan deputi Menteri Keuangan Uni Emirat Arab, Sheikh Hamdan bin Rashid Al-Maktoum. Pembangunannya diawali pada tahun 1999 dengan diterbitkannya izin resmi pembangunan tempat ibadah untuk komunitas Muslim di Belanda. Sebelumnya, penolakan dan perlawanan dari berbagai pihak, terutama dari kelompok-kelompok anti Islam dan anti imigran di Belanda membuat masjid yang mampu menampung 2.600 jamaah ini urung dibuat. 


Namun, itu masa lalu. Kini bangunan yang berdiri di dekat stadion sepakbola milik klub Fejenoord Rotterdam tersebut sudah digunakan untuk segala keperluan ibadah. Bukan hanya melayani umat Islam di Rotterdam tapi juga dari seluruh penjuru Belanda. Bangunannya cukup megah dengan gaya arsitektur Mamluk-Afrika Utara. Bagian dindingnya dilapisi lempengan granit dan memiliki aksen halus berwarna biru abu-abu. Sedangkan menaranya sendiri terinspirasi dari bentuk menara gereja Amsterdam abad ke-17 rancangan Hendrick de Keyser. 


Jadi, bila anda sedang berwisata atau perjalanan bisnis ke Belanda, sempatkan untuk mampir ke kota Rotterdam dan mengunjungi Masjid Essalam. Sekedar mengagumi fusion architecture-nya yang merupakan perpaduan identitas Islam dan kearifan lokal. Atau, mungkin anda punya waktu lebih lama untuk berfoto dan shalat tahiyatul masjid sebagai ungkapan rasa syukur.

6 komentar:

Rohis Facebook mengatakan...

Subhanallahu.. Islam makin jaya *smile

ANNAMANIAC mengatakan...

@Rohis: Amiiin. Syukran dah mampir!

rendy pratama mengatakan...

bisa mampir nih kalo ke belanda ^^

Royan Naimi mengatakan...

Alhamdulillah, bagus nian masjidnya...

Ejawantah's Blog mengatakan...

Boleh juga untuk menjadi tempat singgah bila kesana Sob.

Sulses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

ANNAMANIAC mengatakan...

@Rendy: Silakan bro, share foto2nya ya nanti :p
@Royan: Alhamdulillah. :)
@Ejawantah: Tepat bro. Sukses selalu. Nice blog.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...