Ads 468x60px

Selasa, 27 September 2011

Air Terjun Blahmantung, Tabanan


Main. Sayang rasanya bila berwisata ke Bali tapi tak mengunjungi Air Terjun Blahmantung/  Pupuan yang terletak di Pujungan, Tabanan (koordint GPS 8° 18' 27.97" S  115° 0' 37.66" E). Jarakair terjun yang sangat indah ini hanya 70km melewati jalan raya Denpasar-Singaraja yang cukup baik. Cukup arahkan kendaraan anda menuju Tabanan/ Gilimanuk dan dalam waktu sekitar 2 jam anda sudah tiba di air terjun indah setinggi 50 meter ini. Air Terjun ini letaknya tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi di tengah perkebunan kopi yang jauh dari perkampungan penduduk.  Suasana sekitarnya masih benar-benar asri dan alami. Tidak ada bangunan apapun selain pura dan gazebo yang kondisinya sudah memprihatinkan. Sehingga kita dapat menikmati kesegaran air terjun sambil mendengar percikannya yang merdu di telinga.

Sebenarnya ada tiga buah air terjun di kawasan ini. Pertama, terletak di dekat sebuah pura, dengan ketinggian sekitar 50 meter. Kedua, yang lebih kecil, letaknya di bawah air terjun pertama dan terpisah jarak sekitar 200 meter. Untuk menuju air terjun kedua harus menyusuri sungai ke arah bawah karena belum ada akses jalan.  Yang ketiga, akses jalannya agak berbeda dengan kedua air terjun di atas dan terletak di seberang Bendungan Irigasi Sabah Hulu. Sayangnya, air terjun ini tertutup pepohonan dan semak-semak yang rimbun, sehingga tidak terlihat jelas. Bila terlihat semua, air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun pertama.

Air terjun ini cukup potensial sebagai destinasi dan daya tarik wisata alam Bali. Tidak hanya bagi wisatawan asing tapi juga bagi turis lokal. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan dengan merevitalisasinya bekerja sama dengan masyarakat setempat dan pihak swasta. Sehingga tujuan wisata tidak melulu berpusat di Denpasar tapi menyebar ke seluruh penjuru Bali. Semoga saja pemerintah dapat segera membuka mata dan telinganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...