Ads 468x60px

Kamis, 09 Agustus 2012

Game "Selamatkan Jakarta", Kampanye Gaya Baru

Memang luar biasa bila anak-anak muda kreatif berkecimpung dalam dunia politik. Bila kampanye biasanya dilakukan dengan temu kader, ceramah atau diskusi yang membosankan, ini dibuat dalam sebuah game. Game simpel berjudul “Selamatkan Jakarta” dibuat dengan platform Adobe Flash, jadi kita butuh Adobe Flash Player di komputer/ laptop/ tablet kita. Game ini dibuat oleh metric-design yang berdomisili Bandung sebagai bagian dari kampanye simpatik calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta Jokowi-Ahok. Kampanye Gaya Baru!

Anda dapat mengakses game yang terdiri dari 50 level ini di alamat juragan-nomor.com. Sekilas game ini akan mengingatkan kita pada game populer: Angry Birds. Sebab, tokoh jagoan di sini yang sangat mirip Jokowi bertugas melempar tomat ke 4 target musuhnya sebagai representasi masalah Jakarta, yaitu: sampah, oknum pejabat, penjahat dan pengusaha hitam. Daya hancur tomat terkadang diperkuat/ dilengkapi bom/ roket. Dalam game ini, Jokowi juga tidak boleh menyakiti sesosok tokoh representasi warga Jakarta.

Yang menarik, setiap menyelesaikan 1 tingkat/ level permainan selalu ada foto terkait Jokowi-Ahok dan semboyan/ jargon berbau ajakan untuk mendukung jokow-Ahok. Ini yang menarik, selain berhasrat ingin menamatkan semua level dengan rintangan yang beragam, kita pun akan penasaran tagline-tagline apa saja yang diusung pasangan Bhinneka Tunggal Ika tersebut. Karya politik inovatif dan kreatif ini sangat jauh lebih baik dibandingkan penyampaian monolog yang terkadang berisi isu SARA. Justru, game ini menyentuh otak kanan penggunanya, sehingga secara tak sadar masuk ke alam bawah sadarnya.

Salut buat pembuatnya! Semoga ke depannya, model-model kampanye seperti ini semakin banyak bermunculan. Tidak hanya menarik dinikmati dan menghibur dimainkan tapi membongkar label politik yang cenderung hitam dan kejam. Politik itu asyik! Tergantung bagaimana kita menyikapinya. So, jauhkan kampanye hitam demi Jakarta Baru yang berwibawa dan bermartabat. Dan, yuk kita lanjutkan permainannya.

5 komentar:

Agunx Agoenx mengatakan...

Berbag Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Deedat mengatakan...

luar biasa daya imajinasinya hingga menyentuh dunia politik yang cerdas.

sukses dari kami http://samudrabirucinta.blogspot.com

nadarus mengatakan...

Taglinenya katanya pagliat..?? Benarkah ??

arif widiyanto mengatakan...

game nya kreatif gan..tp ane cuma bisa mpe level 9,hehe..usul, seharusnya pas ada warga yg kena, pemeran jokowinya jg ikt kena.biar berkesan lebih merasakan penderitaan rakyat..hehe

kharis alimoerdhoni arief mengatakan...

Sangat mengesankan game-Nye, Achmad. Suatu terobosan baru tuk menyelamatkan jakarta yang sesungguhnya. SALUT !

oh ya, bagi dunk pengalaman bersama VivaLOG, boleh? Salam kenal ya

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...