Ads 468x60px

Minggu, 02 Januari 2011

Keunikan Rasa Sate Pak Kempleng

Makan. Pernah dengar Sate Pak Kempleng? Saya sendiri baru mendengar dan melihatnya saat melewati Foodcourt Gading Batavia. Tepatnya di Jl. Boulevard Gading Blok LC 10/16, Kelapa Gading. Sate ini bermula dari usaha Sate Sapi keliling di Ungaran yang dirintis oleh Pak Sakimin yang dijuluki Pak Kempleng. Setelah sedikit berkembang, Pak Kempleng membuat angkringan di alun-alun Ungaran. Nama beken Pak Kempleng sempat menghilang karena tidak ada yang meneruskan usahanya. Baru pada tahun 80an, salah satu anaknya kembali merintis dan melanjutkan usaha bapaknya berjualan Sate khas Sumorejo.

Kehadiran Sate Sumorejo Pak Kempleng ini ternyata menjadi pengobat rindu bagi mereka yang sudah terbiasa menikmati penganan racikan Pak Sukimin. Nama Pak Kempleng pun semakin beken dan akhirnya mampu berdiri tidak lagi sebagai angkringan tapi sebagai rumah makan, yang terletak di Jl. Diponegoro Ungaran, Semarang. Nah, yang di Kelapa Gading ini adalah salah satu cabangnya di Jakarta.

Menu andalan dari rumah makan ini adalah beraneka macam Sate Sapi, seperti sate daging, sate usus, sate hati, sate ginjal, sate paru, sate babat, sate limpa dan sate kapur (lemak). Pembeli juga dapat memesan campur aneka macam sate dalam 1 porsi. Tekstur beragam sate ini lembut dan presentasinya terlihat berminyak mengkilat sehingga menggugah selera. Sate ini dinikmati bersama nasi atau lontong, bumbu kacang yang nikmat dan semangkuk sup hangat. Selamat mencoba!

2 komentar:

Ardi mengatakan...

Wah...sepertinya enak tuh...tapi kenapa ngga ada fotonya sih???

Jam Alarm Unik Paling Inovatif
Bentuk Unik USB Flash Drive
Akan Seperti Apa Smartphone di Tahun 2012?

syafrianto mengatakan...

Kalau mau melihat foto-fotonya, silakan kunjungi Berburu Kuliner. Hasil liputan lokasi Sate Pak Kempleng yang asli di Ungaran diulas di sini.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...