Ads 468x60px

Rabu, 05 Oktober 2011

Tips Mengupas Telor Rebus

Makan. Istri saya, Merry Samsuri (Merry) suka sekali makan Telor Balado. Terkadang saya, Achmad Annama (Anam) membuat masakan ini di rumah bersamanya. Untuk bumbunya tidak terlalu sulit, karena biasanya kami menggunakan “bumbu rahasia” buatan Mama. Bagian tersulit justru bagaimana mengupas kulit telor tanpa merusak bagian putih telornya, sehingga terlihat kurang cantik saat disajikan?

Nah, untuk hal ini saya kembali minta nasehat Mama. Menurut beliau, sebelum direbus telor harus dikeluarkan terlebih dulu dari kulkas hingga kembali hangat sesuai suhu ruangan. Kemudian masukkan ke dalam panci, tapi jangan terlalu banyak sehingga telor tidak berdesakan. Masukkan air dan didihkan dengan cepat. Setelah itu matikan kompor, tutup panci dan diamkan selama 10 menit. Setelah direndam air panas, pindahkan ke panci berisi air dingin.

Lalu, kupas kulit telor di bawah kucuran air dingin dari kran. Ini akan mempermudah pengupasan karena kulit akan segera terpisah. Sisihkan telor yang sudah bersih dan pastikan sudah tidak ada lagi serpihan-serpihan kulit yang masih menempel. Nah sekarang, telor sudah siap deh untuk digoreng dan dicampur bumbu balado. Selamat mencoba ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...