Ads 468x60px

Kamis, 06 Oktober 2011

Teh Talua, Teh Sensasional Ranah Minang

Minum. Ingin menikmati rasa teh yang sensasional dari ranah Minang? Teguklah Teh Talua atau Teh Telor! Kuning telur ayam kampung diaduk bersama larutan teh yang dicampur dengan gula pasir dan susu kental manis lalu diseduh air mendidih. Whuaaa! Luar biasa rasanya. Lalu bisa didapatkan dimana? Minuman ini umum ditemukan di kedai-kedai mungil di pelosok Sumatera Barat. Biasanya diminum pagi hari saat sarapan atau malam hari saat pulang kerja.

Jika hanya mengandalkan lidah, anda pasti akan tertipu. Sensasi rasanya mirip cokelat panas. Kunci kenikmatan minuman ini terletak pada kualitas bahan-bahannya, semuanya pantang menggunakan kualitas nomor dua. Terutama air penyeduhnya yang harus benar-benar mendidih. Untuk menghilangkan amis telornya, di beberapa kedai disediakan potongan jeruk lemon/ jeruk nipis yang bisa diperas sendiri.

Bagaimana caranya kalau kita mau membuat sendiri? Siapkan gelasnya, masukkan satu sendok makan gula pasir. Tambahkan dengan bagian kuning telor ayam kampung. Lalu dikocok dengan pengaduk tradisional yang terbuat dari batang-batang lidi yang disatukan. Setelah dikocok selama 3 menit, campuran ini mulai mengembang. Selanjutnya takar teh bubuk dalam penyaring, jangan gunakan teh celup karena rasanya tidak maksimal. Seduh dengan air mendidih sedikit demi sedikit hingga cairan coklat pekat mengucuri adonan.

Terakhir, susu kental manis ditambahkan di atasnya. Maka terbentuklah tiga lapisan warna dalam gelas tersebut. Putih susu di bawah, coklat teh di tengah dan buih krem kekuningan di bagian atas. Rasanya? Sangat luar biasa! Apalagi Teh ini kaya akan protein dan juga dipercaya efektif meningkatkan vitalitas. Selamat mencoba!

2 komentar:

Efri Yaldi mengatakan...

yo podiah rasono sanak, abis tuh bikin energi melimpah pula

Aji Prast mengatakan...

Sepertinya enak dan menurut saya juga unik. Di Jakarta ada tidak ya? Jujur saja, saya baru tahu ada minuman teh yang dicampur dengan kuning telur. Kuliner Indonesia memang gak ada duanya.

Salam kenal ya, mampir juga ke blog saya dan ikut jadi teman : www.jurnal-ap.blogspot.com. Salam Indonesia

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...