Ads 468x60px

Jumat, 11 November 2011

10 Rahasia Google

Google Inc., perusahaan teknologi dunia asal California, Amerika Serikat memiliki lebih dari 6000 karyawan di seluruh dunia. Ia bisa menjelma menjadi mesin pencarian (Google Search), Penjelajah Bumi (Google Earth), Peta (Google Map) dan juga mesin penerjemah (Google Translate). Google juga memberikan layanan laman video YouTube, surat elektronik Gmail, hingga sistem operasi ponsel Android. Perusahaan yang didirikan Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence (Larry) Edward Page. 


Itulah informasi gambaran umum Google. Namun, ternyata Google masih memiliki sepuluh rahasia yang disembunyikan dari kita semua. Berikut Annam tampilkan rahasia-rahasia tersebut dikutip dari Business Insider: 
1. Keluarga 
Saudara Larry Page, Carl ternyata pendiri eGroups, sebuah perusahaan yang membuaty laman di era 90-an. eGroups kemudian diakuisisi Yahoo! Pada tahun 2000 dengan nilai hampir US$500.000.000,-. Wow! 
2. Backrub 
Inilah nama asli Google. Disebut backrub karena algoritma memeringkatkan halaman berdasarkan berapa banyaknya backlink pada halaman itu. 
3. Paten 
Hak paten yang diajukan Google kepada pemerintah Amerika Serikat sangat mirip dengan paten yang diajukan Dow Jones. Tak aneh, karena di belakang kedua pengajuan ini adalah Robin Li, orang yang memang pernah bekerja di sebuah perusahaan milik Dow Jones. 
4. Stanford University 
Algoritma Google disebut PageRank dan pemegang patennya adalah Stanford University. Untuk mengambil alih paten tersebut, Google memberikannya saham yang kemudian dijual sebesar US$ 336.000.000,- pada 2005. 
5. Kepunahan 
PageRank ternyata bukan hanya dapat digunakan untuk mengetahui peringkat halaman bagi mesin pencari. Algoritma tersebut juga bisa dipakai untuk mengetahui spesies yang akan punah.  
6. Politik 
Larry Page dan Sergey Brin adalah 2 orang terkaya di Amerika yang tidak pernah berkontribusi dalam urusan politik. Padahal lebih dari 20 milyarder di Amerika ikut atau membuat gerakan politik. 
7. Yahoo! 
Kedua pemilik Google sebenarnya ingin menjadi akademisi dan tidak bercita-cita membangun bisnis. Ketika mengembangkan Google Search Engine pada 1997, mereka bersedia menjual mesin pencar iitu hanya dengan harga US$ 1.000.000. Mereka pergi ke Yahoo! tapi ditolak. Dan dunia pun berputar, 5 tahun kemudian pada 2002 giliran Yahoo! Yang menawar Google dengan harga US$ 3.000.000.000,- tapi ditolak. Sekarang nilai Google mencapai US$ 150.000.000.000,- 
8. Keberuntungan 
Anda tahu tombol “I’m Feeling Lucky” atau “Saya Lagi Beruntung” pada mesin pencari Google? Untuk mengembangkannya, Google menghabiskan biaya sekitar US$ 110.000.000,-/ tahun. Dengan mengeklik tombol ini, kita akan mendapat hasil pencarian teratas yang paling mendekati, karena telah melewatkan semua iklan yang bisa menghasilkan uang bagi google. 
9. Karyawan Pertama 
Anda tahu karyawan pertama Google? Dia lah Craig Silverstein. Tapi sampai saat ini tak ada yang tahu seperti apa wajahnya. Kabar yang beredar, ia sekarang sudah menjadi Direktur Teknik Google dengan gaji hampir semilyar dollar pertahun. Wow! 
10. Keindahan 
Google Earth memiliki gambar-gambar indah tentang bumi. Terkadang justru gambar itu seperti karya seni yang menakjubkan.

1 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...