Ads 468x60px

Sabtu, 24 Desember 2011

Tablanusu, Pesona Wisata Baru Papua

Main. Jika anda sedang berkunjung ke Jayapura, Papua sempatkan untuk mampir ke desa wisata Tablanusu di Depapre. Dari Jayapura anda cukup naik bus menuju Sentani sejauh 33km lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil carteran ke Dermaga Depapre selama 90 menit. Dari dermaga tersebut hanya memakan waktu 20 menit saja. Di Tablanusu ada 3 jenis wisata, yaitu wisata alam, wisata sejarah dan wisata budaya. Fasilitas pendukungnya juga cukup memadai, seperti penginapan, pemandu wisata, sewa kendaraan dan lainnya. Sehingga, Tablanusu sudah cukup nyaman untuk dikunjungi. 


Saat memasuki desa ini, anda akan disambut suasana pegunungan yang masih asri, sejuk dan hijau. Tablanusu juga memiliki pantai yang tidak hanya dengan pasir putih yang indah dan bersih, tapi juga terdapat koral-koral kecil di sepanjang bibir pantainya yang dapat difungsikan untuk pijat refleksi alami telapak kaki anda. Air lautnya pun jernih berisi aneka ragam ikan dan terumbu karang yang menawan. Sangat pas bila dijelajahi dengan snorkling atau diving. Bila ingin merasakan sensasi lain, anda dapat ikut melaut di malam hari bersama para nelayan untuk mencari ikan. 


Desa seluas 230,5 hektar ini juga memiliki Danau Dukumbo. Disini anda dapat memancing aneka ikan air tawar, seperti bandeng, mujair dan mas sambil ditemani kicauan aneka burung dan berbagai macam jenis tumbuhan. Selain itu, ada dua pulau yang cukup dekat jaraknya dan memiliki anggrek endemik Papua. Di sore hari, dua pulau tersebut juga menjadi tempat persinggahan aneka jenis burung yang hinggap di ranting pepohonan dan seolah berbaris membentuk sebuah pemandangan yang indah menjelang matahari terbenam. 


Desa yang memiliki arti tempat matahari terbenam ini, memiliki sisa-sisa peninggalan tentara sekutu pada Perang Dunia II. Menurut sejarah, kampung ini pernah menjadi salah satu basis tentara sekutu di kawasan timur Indonesia. Anda dapat menjumpai landasan meriam dan dermaga bekas pendaratan tentara sekutu. Desa ini terbagi dalam sepuluh suku, yaitu Suku Sumile, Danya, Suwae, Apaserai, Serantow, Wambena, Semisu, Selli, Yufuwai, dan Yakurimlen. Maka, akan banyak keanekaragaman budaya yang Anda temui di tempat ini. Keunikan Desa ini adalah memiliki beberapa obyek dalam satu tempat. Keeksotisan di Desa Tablanusu takkan pernah bisa Anda ungkapkan dengan kata-kata.

3 komentar:

Stupid monkey mengatakan...

keingin kuat untuk menginjakan kaki di daerah timur indonesia, adalah menghampiri carten piramid ;)

Muhammad Gustavie mengatakan...

indah banget kayaknya...

Sulaeman Salasa mengatakan...

sy udah pernah sampe....
indah skali pemandangannya...
mudah2an jalan menuju pantainya udah baguss...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...