Ads 468x60px

Jumat, 01 Juli 2011

Kemiripan Simpanse dan Lumba-Lumba

Main. Simpanse adalah keluarga kera yang sangat dekat kekerabatannya dengan manusia modern. Kamu bisa melihat Simpanse di Kebun Binatang Ragunan, tepatnya di Pusat Primata Schmutzer di Jakarta Selatan. Sedangkan Lumba-Lumba adalah mamalia cerdas yang hidup di laut. Untuk menyaksikan aksi Lumba-Lumba, kamu bisa pergi ke Gelanggang Samudera Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) di Jakarta Utara. Nah, ternyata keduanya punya banyak kemiripan loh... Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Evolutionary Anthropology keduanya sama-sama jadi tumpuan keluarga dan pekerja keras dalam membesarkan keturunan. 

Kedua spesies yang dipisahkan evolusi dan lingkungan tersebut sama-sama memiliki pergaulan yang kompleks, bekerja sama untuk berburu, memecahkan masalah, hidup dalam waktu puluhan tahun, dan menghabiskan waktu bertahun-tahun menjaga keturunan.Induk mereka berburu untuk menyediakan makanan bagi anak-anak mereka. Sama seperti manusia, simpanse dan lumba-lumba betina berkumpul dengan sesama induk, saling berbagi cara mengasuh anak. 

Namun, Lumba-lumba memiliki kehidupan sosial lebih banyak ketimbang simpanse betina. Menurut Heidi Pearson, Ekolog Stony Brook University, mungkin itu karena berenang lebih mudah daripada bergerak di hutan. Selain itu, predator di laut lebih sulit dihindar. Simpanse bisa memanjat pohon untuk menghindari pemangsa. Tapi, kemana lumba-lumba berenang untuk menghindari hiu? bergerak dalam grup lebih aman daripada bergerak sendirian.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...