Ads 468x60px

Sabtu, 30 Juli 2011

Filosofi Rendang, Makanan Terenak Nomor 11 di Dunia!

Makan. Rendang jadi makanan terenak di Dunia? Sebenarnya itu Wajib! Tapi hanya di nomor 11 dibawah 5 makanan Asia yang lain, seperti Tom Yang Goong & Massamian Curry (Thailand), Sushi (Jepang), Peking Duck (Tionghoa) dan Penang Asam Laksa (Malaysia)? Sepertinya ada yang salah... Memang ini hanya survei, tapi yang perlu dipertanyakan, bagaimana metodenya. Tapi ya sudah lah, itu hak CNN Go untuk menilainya. Anda bisa baca sumber beritanya di Detikfoodatau di CNNgo (klik saja) Kalau versi saya, Rendang adalah makanan Asia terenak, bahkan semua makanan Indonesia tak ada yang mengalahkan rasanya! Jujur!

Rendang sendiri adalah makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat dengan warna dan tingkat kepedasan berbeda-beda. Semakin lama dimasak dan semakin sering dipanaskan, maka rendang akan semakin Lamak (Lezat). Filosofi dari Rendang ada 4, yaitu pada Dagiang (daging) sebagai bahan baku utama yang melambangkan Nini Mamak (pemangku adat), Karambia (kelapa) sebagai bahan pendukung yang melambangkan Cadiak Pande (kaum intelektual), Lado (cabai) sebagai rasa utama yang mewakili Paderi (ulama) dan Paraso (bumbu/ rempah) sebagai representasi masyarakat.

Awalnya rendang hanya dihidangkan khusus untuk para bangsawan Minang. Namun, sekarang rendang dapat diminati siapapun yang menyukai. Tersedia di berbagai Warung & Restoran Padang dengan presentasi dan harga yang variatif. Saya sendiri, Achmad Annama (Anam) selama di Balikpapan, lebih banyak menikmati Rendang di Warung Upik atau Restoran Simpang Raya di seberangnya. Ditemani lalapan, sambal hijau dan 1 menu tambahan; telor dadar atau paru (lihat gambar). Kalau di Jakarta, saya dan istri, Merry Samsuri lebih menyukai untuk menikmati rendang buatan Restoran Pagi Sore. Selain dekat dengan RS Persahabatan tempat dinas istri, juga karena memang gurih, bumbunya meresap dan banyak. Ayo jaga tradisi Indonesia, makan terus Rendang kapanpun dimanapun. Cocok juga untuk berbuka.

2 komentar:

GyeRie mengatakan...

Infonya baguss gan...pertamax.... mari berkunjung ke Berita Milik Kita - Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

ANNAMANIAC mengatakan...

GyeRie, thanks ya... Nanti kunjung balik deh...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...