Ads 468x60px

Minggu, 30 Oktober 2011

Mengenal Festival Deepawali atau Diwali

Main. Tahukah anda tentang Festival Deepawali atau Diwali? Festival yang kerap disebut Festival Cahaya ini merupakan festival terbesar di India. Tidak hanya di India, tapi juga dirayakan oleh orang India di seluruh dunia selama 4 hari berturut-turut antara Oktober dan Nopember. Baik orang India itu menganut agama Hindu maupun agama lain, seperti Sikh, Jain, Budha, Kristen maupun Islam. Kenapa disebut Festival Cahaya? Karena arti sebenarnya adalah deretan cahaya lampu sebagai perlambang kebaikan yang menang atas kejahatan. Perayaan ini biasanya diselenggarakan selama empat hari berturut-turut oleh seluruh masyarakat antara bulan Oktober dan November.


Nuansa festival ini berpusat di tengah panggung dengan seorang pemimpin acara. Rumah dan toko dihiasi dengan lampion warna warni berpola. Jalan-jalan dipenuhi orang berkerumun yang memakai baju mewah dengan segala macam hadiah untuk keluarga, teman dan rekan bisnis. Hadiah yang paling populer dan ditunggu-tunggu dalam acara ini adalah pembagian mithai (permen khas India), dengan hiasan buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Toko diisi dengan mithai khusus yang disiapkan untuk festival ini. Salah satu yang menjadi favorit adalah pista (kacang tanah pistachio) dan Kaaju (cashewnut).


Mungkin perayaan Festival ini tidak terlalu marak di Indonesia. Tapi di Singapura dan Malaysia, warga keturunan India merayakannya dengan meriah. Saya menyaksikan sendiri tahun lalu saat berbulan madu ke Singapura. Semua orang India merayakannya, bahkan Little India sangat marak dengan lampu dan dekorasi aneka warna. Sementara di beberapa titik komunitas diadakan festival, perlombaan dan bazaar. Kepada sahabat-sahabatku keturunan India, selamat merayakan Festival Deepawali atau Diwali ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...