Ads 468x60px

Rabu, 16 November 2011

Keunikan Pantai Berpasir Kaca

Main. Sulit dibayangkan di negara sebesar Amerika Serikat di awal abad 20 masih ada orang-orang yang tidak peduli lingkungan. Warga Fort Bragg masih membuang sampah rumah tangga mereka ke laut di bawah bukit. Mereka tidak hanya membuang sampah harian tapi juga segala barang yang sudah tidak terpakai, bahkan mobil sekalipun. Astaga! Semuanya bahkan sudah berlangsung sejak 1949. Warga bahkan menyebut pantai tersebut The Dumps atau tempat pembuangan. 


Tapi, sejak 1967 pemerintah daerah menutup lokasi ini. Warga tidak boleh lagi membuang sampah sembarangan ke pantai. Pemerintah bahkan membakar gundukan dan timbunan yang ada untuk mengurangi jumlah sampah yang berlebihan menyebarkan aroma busuk. Puluhan tahun berlalu, ombak mengikis dan membersihkan pantai tersebut. Sampah-sampah organik larut bersama air laut, hanya menyisakan kaca dan beling. Hanya saja, bentuknya semakin kecil, halus dan beraneka warna sehingga cukup menarik dilihat. 


Pantai kaca atau Glass Beach ini terletak di ujung jalan West Elm, jalan raya Old Haul, Fort Bragg California. Kini pantai tersebut justru menjadi daya tarik wisata tersendiri dan mendatangkan keuntungan bagi warga disana. Pantai ini tidak berbahaya karena kaca dan beling yang bertebaran di pantai cukup aman diinjak. Para fotografer dan model juga sering melakukan sesi pemotretan di pantai ini. Jadi, bila anda sedang ke Amerika, tepatnya di negara bagian California, saksikan pantai yang unik ini. Atau justru anda ingin membuat keunikan serupa di pantai dekat rumah anda? He7x...

2 komentar:

blog dangkal mengatakan...

malah jadi daya tarik tersendiri ya? Keren :)

ikaisone mengatakan...

Pantainya jadi semarak dan full color. Tapi kalau matahari terik, bukannya ga bisa diinjak ya, saking panasnya.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...