Ads 468x60px

Rabu, 31 Agustus 2011

Hal Lucu & Unik Pengganggu Kekhusyuan Shalat Ied

Main. Pagi ini 1 Syawal 1432 Hijriyah saya, Achmad Annama (Anam) bersiap-siap untuk melaksanakan Shalat Ied di Masjid Al-Kurama, Rawa Badak Selatan, Koja. Baju koko, sarung dan sajadah bernuansa warna marun sudah disiapkan istri tercinta, Merry Samsuri (Merry). Dia tidak ikut shalat karena sedang berhalangan. Setiba di masjid, bagian dalam sudah penuh sehingga saya harus puas menggelar koran dan sajadah di jalan depan masjid. Di sinilah sambil menunggu 2 khutbah dan 2 rakaat shalat Id sebagai satu kesatuan, saya memperhatikan beragam macam hal yang lucu dan unik.

Dalam pandangan saya, ada beberapa hal yang dilakukan jamaah shalat Ied yang dapat mengganggu kekhusyuan ritual ini, yaitu:
1. Pakaian
Salah kostum (saltum) dengan menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian jamaah, khususnya lawan jenis. Misalnya, cowok dibalut kaos ketat atau cewek mengenakan pakaian seksi. Selain tidak etis juga kurang layak karena tidak sesuai dengan waktu dan tempat. Tadi pagi kejadiannya adalah cowok yang mungkin penggemar binaraga shalat menggunakan kaos ketat dan saat lewat jadi tontonan dan bahan pembicaraan para cewek.
2. Gadget
Kenapa harus bawa ponsel, media player atau bahkan game ke masjid? Tujuan kita khan ibadah! Sibuk sms, mendengarkan musik atau main game hanya mengganggu jamaah di sekitar kita dan mengurangi kesakralan ibadah kita. Sebaiknya kita tidak membawa gadget ke masjid. First thing first! Tadi, yang sms, menggunakan earphone dan main game lumayan banyak.
3. Rokok
Sebagaimana kita ketahui, shalat dan khutbah merupakan rangkaian ibadah sunnah itu sendiri. Jadi bila kita membawa dan menghisap rokok sebelum dan sesudah shalat sedangkan khutbah masih berlangsung maka itu menyalahi rukunnya. Selain itu asapnya juga dapat mengganggu orang di kiri dan kanan kita. Siapa yang ingin pakaian (baru)nya bau asap rokok? Kasihannya diriku tadi duduk diapit dua orang ahli hisap :p
4. Aroma Menyengat
Ini bisa disebabkan belum mandi jadi menimbulkan bau badan atau justru menggunakan parfum yang terlalu menyebar harum mencolok. Keduanya sama-sama mengganggu penciuman jamaah dan pasti semua akan berusaha mencari sumber aroma menyengat ini. So, pastikan deh kita sudah mandi dan mengggunakan parfum tanpa berlebihan. Yang sedang-sedang saja! Bau Keringat didepanku tadi sangat mengganggu :(
5. Berisik
Di masjid dilarang keras untuk berisik! Apalagi sampai mengganggu mereka yang sedang berdoa dan beribadah lainnya. Usahakan untuk tidak mengeluarkan suara/ bunyi yang berisik. Tahanlah suara bersin dan batuk, hindari mengobrol dengan rekan/ kerabat. Kalau yang ngobrol sih lumayan banyak tadi tapi yang paling tidak tahan adalah tangisan para balita.
5 hal itulah yang kira-kira harus diperhatikan agar dapat dihindari para jamaah saat shalat Ied. Mungkin bukan hanya shalat ied tapi juga shalat berjamaah lainnya di masjid, seperti shalat Jumat. Sehingga kita dapat mengurangi hal-hal yang mengganggu kekhusyuan ibadah. Selamat Lebaran!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...