Ads 468x60px

Minggu, 18 September 2011

Pondasi Rapuh, Taj Mahal Terancam Runtuh

Main. Sudah pernah ke Taj Mahal di India? Jika belum sebaiknya segera anda rencanakan perjalanan kesana. Benar atau tidaknya kabar ini, tapi laporan media di India menyebutkan bahwa bangunan Monumen Cinta yang dibangun pada abad ke-17 itu sudah mengalami kerapuhan disana-sini. Disebutkan, dasar dari monumen yang dibangun Kaisar Mughal Shahjahan untuk mengenang Mumtaz istri ketiganya antara 1632 dan 1653 itu telah rusak dan kayu yang digunakan dalam sumur juga mulai membusuk.


Para sejarawan dan ahli lingkungan berpendapat jika pondasi monumen tidak segera diperkuat dan semua kerusakan di monumen tidak segera diatasi, maka Taj Mahal yang merupakan monumen megah, mungkin runtuh dalam waktu dua sampai lima tahun mendatang. Masyarakat meminta kepada pemerintah dan para ahli untuk melakukan penyelidikan dan meyakinkan orang bahwa warisan dunia itu baik-baik saja. Karena berita ini telah memicu keributan. Taj Mahal merupakan salah satu keajaiban arsitektur terbesar di dunia, bukan hanya milik India saja, melainkan harta berharga dari peradaban manusia.


Rakyat India mendesak pemerintah untuk mengambil langkah memulai pekerjaan perbaikan Taj Mahal. Mereka juga mendesak UNESCO dan badan-badan dunia lainnya untuk menyediakan ahli teknis yang diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan permata warisan dunia itu. Semoga saja Taj Mahal Bisa tetap berdiri ya, sehingga bisa tetap kita kunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...