Ads 468x60px

Selasa, 11 Oktober 2011

Pudarnya Kecantikan Pulau Derawan

Main. Saat ini Pulau Derawan ibarat ikon baru wisata bahari Indonesia yang terletak di Berau, Kalimantan Timur. Ketenarannya sebagai destinasi para wisatawan tidak hanya di Nusantara tapi juga di Mancanegara. Kurang lengkap rasanya bila sedang di Borneo tapi tidak menginjakkan kaki disana. Pantainya yang cantik dengan hamparan pasir putih yang bersih benar-benar mempesona. Walaupun saya sendiri, Achmad Annama (Anam) meskipun sudah hampir 2 tahun tinggal di Balikpapan tapi belum pernah ke sana, he7x... 


Namun kini, masyarakat mulai waswas dan kuatir para turis akan kecewa melihat kondisi terkini Derawan. Kecantikannya perlahan mulai memudar! Pasirnya mulai kusam, sampah-sampah mulai tampak di sana-sini dan yang paling parah adalah bermunculannya berbagai bangunan modern yang berdiri angkuh mengambil sebagian besar area pantai dan menutupi keindahannya. Sungguh tak sedap dipandang mata, karena bila turis menginginkan bangunan-bangunan modern mereka takkan berkunjung ke Derawan. Mereka dapat menikmatinya di Balikpapan atau bahkan Makassar dan Jakarta. Wisatawan justru ingin menikmati keindahan Derawan yang alami dan unik. 


Para operator dan pengusaha pariwisata tidak menyadari dan memahami apa sebenarnya yang diinginkan dan diperlukan pengunjung. Bukan hotel bertingkat, klub mewah atau berbagai fasilitas mutakhir lainnya. Yang mereka butuhkan justru keasrian dan keaslian Derawan. Nilai jualnya justru terletak pada keanggunan pantai pasir putihnya, keindahan terumbu-terumbu karangnya dan keaneka ragaman biota lautnya. Kalau pembangunan fisik yang diutamakan, maka Derawan tak ubahnya pantai biasa saja! Justru berat bersaing dengan Bunaken, Benoa, Mentawai dan Raja Ampat. Orang takkan ada lagi yang mau menyaksikan kecantikannya yang palsu.

6 komentar:

Aji Prast mengatakan...

Lagi-lagi karena kurangnya kepedulian kita akan kondisi alam. Sampah-sampah yang mengotori pantai dan sekitarnya sudah pasti akan menjauhkan para turis dari lokasi tersebut.

Restiono mengatakan...

Sedih kalo lihat yang seperti itu. Ntar kalo saya punya anak, gimana saya bisa menceritakan keindahan Indonesia kalo gitu caranya... :(

Punya.Tia mengatakan...

wah.... jauh ga sama pasir panjang????


salam,
Stylish Generation

JIMMY mengatakan...

terkadang memang yang dipikirkan oleh pengembang tempat wisata cuma ke megahan dan kemewahan aja..
sehingga banyak tempat wisata indonesia yang sudah hilang keasriannya...

SALAM

entertainment-geek

ANNAMANIAC mengatakan...

@Aji Prast: Terutama yang membuang sampah ya, kesadaran diri kita sbg pengunjung yg kurang, plus fasilitas tempat sampah yg jg kurang dr pengembang
@Restiono: bukan hanya sedih, tapi miris n prihatin. kita lebih bangga membangun daripada memelihara dan merawat yg ada.
@Tia: Kurang tahu pastinya, mbak.
@Jimmy: Setuju. Padahal kl cuma kemewahan kita gak akan pergi kesana. Justru kita pergi kesana krn daya tarik pesona alamnya.

SATU BANUA mengatakan...

Meski derawan udah terampur dengan cottage yang mewah dan meninggalkan keasriannya, masih banyak pulau lain yang bisa di kelola lebih baik lagi di berau seperti halnya pulau kakaban yang merupakan salah satu dari 2 pulau di dunia yang memiliki keunikan yang tidak di miliki oleh pulau lain di dunia.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...