Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

Kenali Buah-Buah Asli Indonesia

Makan. Sekarang ini apa sih yang tidak bermerk luar negeri? Semua serba impor! Bahkan termasuk sayur-mayur dan buah-buahan yang sudah berlimpah di Indonesia. Akhirnya, kita tidak bisa lagi membedakan mana buah asli negara kita dan mana yang bukan. Nah, di sini saya Achmad Annama (Anam) ingin berbagi sedikit cerita tentang 5 buah lokal asli Indonesia:
Pisang
Buah berbentuk lonjong berwarna kuning cerah ini asli Indonesia. Variannya paling banyak di negara kita. Baru pada abad X mulai dibawa besar-besaran ke Eropa. Sayangnya, justru sekarang Amerika Latin lah produsen terbesarnya dengan menguasai 65% pasar pisang dunia. Miris!
Rambutan
Disebut rambutan karena banyak tekstur-tekstur mirip rambut di sekujur buahnya. Tahun 1906, kita mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat dan ternyata tidak bisa dikembangkan di sana. Sayangnya, rambutan berhasil dikembangkan di Thailand dan Malaysia. Karenanya, sekarang rambutan dalam kemasan kaleng dari 2 negara itu lebih terkenal di luar negeri.
Kedondong
Di dunia internasional, buah dengan rasa masam dan biji berserat mirip duri ini dikenal dengan nama Ambarella. Permulaan abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara dari Australia hingga Jamaika. Kini terkenal banyak dihasilkan oleh negara-negara Amerika Latin.
Belimbing
Buah asli Maluku ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah bentuknya mirip bintang. Dunia internasional mengatakan rasa belimbing adalah perpaduan antara pepaya, jeruk dan anggur. Wow! Lalu kenapa kita tidak membudidayakan buah yang sangat digemari di Amerika dan Eropa ini?
Manggis
Kita pasti mengenal idiom “Tebak-Tebak Buah Manggis”. Ya, buah yang awalnya ditemukan di Kalimantan dan tanah Pasundan dapat diketahui isinya melalui jumlah putik di bagian bawahnya. Rasanya asam menyegarkan. Rasa yang eksotik ini membuat Ratu Victoria dari Inggris jatuh hati. Apalagi manggis banyak mengandung vitamin dan antioksidan.

3 komentar:

cari kerja mengatakan...

nice info sobat. . . .
mksh buat info nyaaa


komment balik..... yaaa
follow jg yaaa

joujimbo mengatakan...

nice post... honey...
he hehe ironis emang klo g' import g' berkelas..... kemana nasionalisme bangsa ini?????
salam buah.......
plis kunjungan baliknya..

ANNAMANIAC mengatakan...

@cari kerja: senang dpt berguna... Sama2. Ok, nanti dikunjungi balik. ma kasih dah mampir
@joujimbo: thank you, sama2. Ok, nanti mampir

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...