Ads 468x60px

Selasa, 20 Desember 2011

Sekelumit tentang Masjid Harrow di London Utara

Main. Juni 2009 lalu Dewan Kota Harrow setelah disetujui pembangunannya, maka Harrow Central Mosque pun mulai dibangun di atas lahan seluas 5.745 meter persegi di Road Stadion termasuk menara setinggi 40 meter, tempat latihan, tempat ibadah, penitipan bayi, perpustakaan, kafe, ruang serbaguna, ruang IT, klinik kesehatan dan tempat aktivitas lainnya. Bila telah selesai, tahun depan Masjid Harrow siap menjadi tempat ibadah umat Islam dari seluruh penjuru London Utara. 


Masjid lama yang sebelumnya telah ada terletak bersebelahan dengan bangunan baru. Namun terlalu kecil untuk melayani seluruh komunitas muslim di Harrow, sehingga dewan kota menyetujui proyek masjid baru ini dengan tujuan menjadi salah satu pusat budaya Islam di Inggris. Selain itu juga arsitektur masjid 5 lantai ini menyesuaikan dengan gedung lain sehingga menjadi landmark unik dan indah perpaduan seni Islami dan gaya Eropa. Ide dan pembangunannya merupakan inisiatif komunitas muslim Sunni Srilanka di wealdstone. 


Sesuai sensus 2001, Harrow adalah rumah bagi 15.000 penganut Islam. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan, suku, ras dan pekerjaan. Sebagian besar berasal dari Asia Selatan, seperti India, Pakistan dan Bangladesh. Selain itu juga ada migran berasal dari Afrika Utara, Arab dan Asia Tenggara yang kini sudah menetap dan beraktivitas seperti warga lainnya. Selain Harrow Central Mosque, masjid di London lainnya adalah Hujjat Islamic Centre, Mehfil-Ali, di hall sekolah St Andrew's, serta Masjid Al-Noor.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...