Ads 468x60px

Kamis, 12 Januari 2012

Keunikan Rasa Es Selendang Mayang

Minum. Di daerah tertentu, minuman ini disebut Bendrong. Kemudian diberi nama unik Es Selendang Mayang agar lebih mudah dikenal. Sekarang, Es ini sudah sangat jarang ditemukan. Jika beruntung, es ini masih bisa ditemukan dijajakan di daerah Petak Sembilan, Palmerah dan di Kota. Saya sendiri berhasil mendapatkannya di Eat & Eat Mal Kelapa Gading (MKG) 5. Rasanya tidak terlalu manis namun enak, kenyal dan gurih. Harganya memang lebih mahal karena menyesuaikan dengan pangsa pasarnya yang menengah ke atas. 


Membuatnya ternyata sangat mudah dan sederhana. Bahannya terdiri dari tepung sagu aren, tepung beras, garam, daun pandan suji untuk memberi warna alami, irisan gula merah dan air. Kemudian semua dicampur dan diaduk sampai tepung larut. Larutan tepung dimasak sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal dan matang. Adonan diangkat lalu dituang dalam wadah dan didinginkan. Setelah dingin, selendang mayang dipotong-potong sesuai dengan selera. Lalu gula merah dan air direbus sampai gula larut. Gula merah dituang secukupnya, lalu ditambahkan selendang mayang dan es serut. Tinggal dinikmati. 


Buat anda yang tidak ingin repot membuat dan tidak mau pusing mencari silakan pilih cara seperti saya. Datang ke MKG 5 dan masuk ke kawasan Eat & Eat pojok camilan/ penganan tradisional. Anda bisa menikmati keunikan Es selendang Mayang ditemani kue cubit atau tahu gejrot tanpa harus takut kehujanan, kepanasan atau debu jalanan. Mahal sedikit, tapi puas...

4 komentar:

Unknown mengatakan...

dulu waktu istri hamil, ngidamnya es selendang mayang ini, nyari susah juga.

Unknown mengatakan...

Minuman yang enak Sob !

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Segara Banyu Bening mengatakan...

Sepertinya pas kalo dimakan pas siang-siang nih. Tapi sekarang lagi serig hujan. hehehe.. salam kenal yah :)

Unknown mengatakan...

Y selendang mayang udah ada di jakrta

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...