Ads 468x60px

Senin, 09 November 2009

Ayam Tangkap, Makanan Unik Khas Aceh

Makan. 9-11 Nopember 2009, Saya, Achmad Annama (Anam) berkesempatan mengunjungi propinsi paling barat, yaitu Aceh. Dulu bernama Daerah Istimewa (DI) Aceh, lalu diubah menjadi Nanggroe Aceh Darussalam untuk kemudian menjadi Aceh. Berangkat dari Medan, hari pertama disempatkan untuk survei tempat pelaksanaan acara Pusdiklat Kemenbudpar untuk esoknya. Dimana, saya akan membuka acara dengan pertunjukan sulap.

Acaranya sendiri berjalan lancar. Dan datanglah rezeki itu! Salah seorang peserta mentraktir kami Ayam Tangkap. Saya dan juga Kang Zae Hanan, sang Motivator, tak melewatkan kesempatan ini. Akhirnya pindah lah semua hidangan di meja ke dalam perut. Tidak hanya si Ayam Tangkap tapi juga 4-5 macam masakan khas Aceh lainnya.

Kalian pasti bertanya-tanya, apa sih Ayam Tangkap itu? Ini adalah masakan khas dimana seluruh bagian ayam dipotong kecil-kecil hingga ke tulang-tulangnya. Lalu dibumbui dan digoreng dalam wajan besar. Saat akan matang baru dimasukkan daun temurui (salam koja, daun kari), daun pandan cincang, cabe hijau dipotong kecil-kecil dan rajangan bawang merah. Sekilas makanan ini mirip sampah, karenanya disebut juga Ayam Sampah. Tapi rasanya luar biasa, renyah, enak dan kaya rempah.

Menurut beberapa orang, dinamakan ayam tangkap juga karena ayamnya masih hidup hingga sesaat menjelang dimasak. Jadi, sang koki harus lari-lari dulu berusaha menangkap ayamnya. Ha7x... Entahlah benar atau tidak! Mau coba? Met makan Ayam Tangkap khas Aceh ya... Atau kalau susah mencarinya di Jakarta, buat saja sendiri, tiru resepnya dari sini.

3 komentar:

joule_aceh mengatakan...

Hehehe. . . . ,,, sebenarnya ayam tangkap ini tidak lebih dari bermunculannya ayam penyet di kedai-kedai yang ada di aceh. Mungkin untuk orang aceh sendiri keberadaan ayam penyet sudah tidak asing lagi sehingga timbullah suatu bentuk 'ayam tangkap' yang tujuannya yaitu mematahkan dominasi ayam penyet yang telah sukses sebelumnya. Ayam tangkap berharap kesuksesan yang telah diraih ayam penyet bisa ditularkan kepada mereka. Sekian pendapat saya. Salam kenal. Hehehe. . . . ,,, sebenarnya ayam tangkap ini tidak lebih dari bermunculannya ayam penyet di kedai-kedai yang ada di aceh. Mungkin untuk orang aceh sendiri keberadaan ayam penyet sudah tidak asing lagi sehingga timbullah suatu bentuk 'ayam tangkap' yang tujuannya yaitu mematahkan dominasi ayam penyet yang telah sukses sebelumnya. Ayam tangkap berharap kesuksesan yang telah diraih ayam penyet bisa ditularkan kepada mereka. Sekian pendapat saya. Salam kenal.

anasmcguire mengatakan...

gmn ya rasanya ayam tangkap itu.. jaddi pingin nyoba.. :D

ANNAMANIAC mengatakan...

joule_aceh, ma kasih ya atas masukannya. Apapun awalnya, yang jelas keunikan dan keberagaman kuliner tiap daerah membuat kita semakin bangga akan Indonesia dan selalu bersyukur padaNya.

anasmcguire, rasanya gurih, garing dan kaya akan rempah. Rasanya bikin ketagihan.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...