Ads 468x60px

Senin, 10 Oktober 2011

Mengenal Tradisi Jabat Tangan di Tiap Negara

Main. Anda ingin jalan-jalan ke luar negeri, untuk wisata atau urusan bisnis? Atau anda punya banyak teman dari mancanegara? Kalau dua pertanyaan tadi anda jawab dengan ya, maka anda perlu mengetahui tradisi salam dan sapa masing-masing negara! Karena, hal pertama yang pasti kita lakukan saat bertemu seseorang adalah menyapa dan berjabat tangan. Walaupun terlihat sederhana, namun praktek ini akan memberikan kesan pertama yang kuat. 


Nah, kalau nilainya positif, maka mereka akan hormat pada kita. Nah, disini saya Achmad Annama (Anam) akan mencoba memberikan gambaran kepada para pembaca tentang ciri khas salam dan sapa di beberapa negara yang unik dan berbeda satu sama lain. Semoga dapat menjadi referensi anda saat jalan-jalan, dinas atau rapat ke luar negeri. Selamat menyimak: 


Amerika Serikat 
Saat anda berkunjung ke negeri Paman Sam ini, pastikan ada menyapa semua orang yang seruangan dengan anda dan jabatlah tangan mereka. Dalam artian bukan ruang publik tapi ruang privat seperti ruang klien atau tempat pertemuan. Bila anda tidak melakukannya, maka mereka yang anda abaikan akan menolak secara fisik dan membuat batasan. Pastikan juga menyapa dan berjabat tangan tidak hanya saat datang tapi juga saat pergi. 
Tiongkok 
Jabat tangan mereka dengan genggaman ringan yang sedikit diayun. Rendahkan sedikit pandangan mata kita sebagai tanda penghormatan. Di luar perkotaan masih ada budaya menyapa tanpa jabat tangan tapi saling mengacungkan dua telapak tangan yang disatukan dalam sebuah genggaman. 


Jepang 
Berjabat tangan dengan membungkuk adalah penghormatan tertinggi di negeri matahari terbit ini. Namun, untuk menghindari kekeliruan, sebaiknya mengikuti sikap mereka terlebih dulu. Jika mereka mengulurkan tangan, jabat tangannya dengan hangat. Bila mereka membungkukkan badan, ikuti dengan penuh respek. 
Rusia 
Pria Rusia akan menjabat tangan anda dengan erat kemudian disertai pelukan dan ciuman di pipi. Jangan kaget! Itu memang tradisi mereka. Tapi, para wanitanya lebih tertutup, ciuman pipi hanya untuk sesama warga Rusia, untuk kita warga asing mereka hanya mau berjabat tangan dan berpelukan saja. 


Prancis 
Di pusat mode dunia ini, lakukan jabat tangan dengan satu gerakan mengayun yang cepat tanpa disertai gerakan lain yang bertele-tele. Karena, waktu sangat penting bagi mereka. Pastikan menyapa dan menjabat tangan semua orang yang anda temui. 
Negara-negara Amerika Latin 
Jangan kaget bila anda ke Argentina, Brazil atau negara latin lainnya, saat berjabat tangan tangan anda akan digenggam erat ditambah pegangan dari tangan yang lain dan tak dilepaskan dalam waktu cukup lama. Ini adalah bentuk kehangatan dan keramahan mereka. Nikmati saja dan jangan menarik terlalu cepat karena akan dianggap penolakan dan sikap arogan. Bila anda wanita, maka mereka akan dengan sopan dan hormat mengecup bagian atas telapak tangan sambil mengucapkan selamat datang atau salam kenal. 


Eropa 
Mereka menggunakan tipe jabat tangan ala Amerika Serikat hanya saja dengan intensitas yang lebih sering. Kapanpun anda pamit dan berjumpa lagi, mereka akan kembali mengulurkan tangan untuk berjabatan. 
Negara-negara Timur Tengah 
Hampir mirip dengan Rusia. Biasakan diri anda untuk yang satu ini. Bila bertemu sahabat-sahabat dari negara Arab, mereka akan menjabat tangan kita lama sekali, merangkul dan saling mencium pipi kiri dan pipi kanan. Setelah selesai, tangan anda masih akan dipegang dan berdiri sangat dekat dengan anda. Tapi ini terbatas untuk sesama jenis, bila beda jenis maka aturan Islam yang berlaku. Bila bukan muhrimnya maka tidak diperkenankan untuk menyentuh.

1 komentar:

Dewi naoli mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi ter haluanlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...