Ads 468x60px

Kamis, 21 Juni 2012

Omelet dari Berbagai Negara

Pernah mendengar apa itu Omelet? Atau justru sudah terbiasa menikmati Omelet? Ya, Omelet adalah salah satu menu sarapan yang digemari banyak orang. Telur didadar bersama berbagai isian, seperti cabai, bawang merah dan daun bawang. Rasanya? Jangan tanya, maknyus... Apalagi kalau disantap bersama nasi hangat dan sayuran.

Namun, pada dasarnya, omelet adalah makanan yang terbuat dari telur kocok yang dimasak dengan mentega atau minyak di atas penggorengan. Agar teksturnya lembut dan mengembang, telur biasanya dicampur susu, krim, air, atau baking powder. Ada pula variasi omelet yang diberi topping keju, sayuran, atau daging lalu dilipat menjadi setengah lingkaran. Nah, tiap negara punya kekhasan sendiri, versi omelet yang berbeda. Silakan disimak

Filipina
Di Filipina, omelet disebut torta. Isiannya beragam, mulai dari sayur, daging, kismis, hingga makanan sisa kemarin. Omelet ini dapat disantap begitu saja atau bersama dengan nasi goreng bawang putih dan saus pisang.
Thailand
Omeletnya yang menggembung karena terdapat isian di dalamnya bernama khai yat sai.

Cina
Di Cina, telur diolah menjadi fuyunghai atau omelet tiram.
Korea
Omelet di Korea disebut Pajeon, tampilannya lebih mirip pancake. Pasalnya, makanan ini juga menggunakan tepung beras dan tepung terigu. Daging sapi, daging babi, kimchi, kerang dan makanan laut biasanya menjadi pelengkap isian omelet ini.

Jepang
Omelet tradisional Jepang disebut tamagoyaki, sementara omuretsu adalah omelet versi Barat. Variasi isiannya bisa berupa nasi dan saus tomat (omurice) atau yakisoba (omusoba).
India
Omelet India sering disebut masala karena mengandung rempah-rempah yang berbeda di tiap wilayah. Adonannya mengandung telur, cabai hijau, irisan bawang bombay, daun atau bubuk ketumbar, jinten, serta kunyit.

Iran
Omelet disebut khagine di Iran. Telur dikocok dengan gula, lalu digoreng dengan mentega atau minyak.
Israel
Omelet matzah brei adalah telur kocok yang diberi matzo (sejenis cracker) sebelum digoreng. Makanya, makanan ini terasa lebih padat dan renyah. Matzah brei sering dibuat manis, terkadang juga diberi susu. Makanan pelengkap dan toppingnya berbeda-beda, tergantung kebiasaaan setempat.

Perancis
Pembuatan omelet Perancis agak sulit karena diolah dengan presisi dan penuh perhitungan. Pancinya pun khusus. Omelet digoreng dengan clarified butter dengan rasio yang lebih besar daripada telur agar tidak lengket serta mempercepat proses memasak. Meski diberi garam dan lada saja sudah enak, omelet Perancis sering pula ditambahi tomat dan irisan halus rempah-rempah (seperti tarragon, chervil, seledri, dan kucai) atau bawang bombay. Setelah matang, omelet digulung menjadi bentuk segitiga atau dituangkan langsung ke piring.
Yunani
Omelet Yunani biasanya dicampur dengan bayam, tomat, keju feta, dan minyak zaitun.

Austria
Bauernomelette adalah sebutan bagi omelet di Austria dan Jerman bagian selatan. Irisan bawang bombay, potongan kentang rebus, dan bacon asap disangrai dalam wajan, kemudian barulah telur kocok dituangkan dan dimasak sampai matang. Herb, jamur, tomat, atau cornichon (acar timun utuh) sering ditambahkan ke dalam adonan omelet.
Belanda
Dua sampai tiga butir telur dicampur dengan bawang bombay, jamur, kentang, paprika, daun bawang, serta kacang polong tumis, lalu dimasak. Jadilah boerenomelet khas Belanda.

Italia
Orang Italia mengenal omelet sebagai frittata. Keju, sayuran, bahkan pasta sisa dicampur dengan telur, lalu dimasak perlahan.
Spanyol dan Maroko
Tortilla de patatas adalah makanan tradisional Spanyol yang sangat terkenal. Omelet tebal ini berisi tumisan kentang iris. Hampir sama dengan omelet Maroko, namun di negara Afrika ini adonan telur ditambahkan jinten dan fleur de sel (bunga garam).

Inggris
Di negara Pangeran Charles ini, omelet dibuat dengan telur, susu, dan keju. Makanan ini digoreng di kedua sisinya.
Amerika Serikat
Warga Amerika Serikat, terutama di California, mengenal omelet yang berisi bacon dan tiram goreng tepung. Di Denver atau Amerika Serikat bagian barat daya, omelet diisi dengan daging ham (paha babi) yang dipotong dadu, bawang bombay, dan paprika hijau. Kadang-kadang, omelet ini diberi topping keju dan kentang goreng.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...