Ads 468x60px

Minggu, 11 Desember 2011

Pesona Toulouse, Pink City dari Perancis

Main. Jika mendengar kata Perancis, khayalan kita langsung melayang ke kota Paris, ibu kota Perancis, kota romantis sekaligus trendsetter mode dunia. Namun banyak yang tak mengetahui bahwa ada kota lain di Perancis yang cukup indah untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kota Toulouse yang juga dijuluki pink city. Kota yang terletak di barat daya Perancis dan di tepi Sungai Garonne ini adalah kota kedua terbesar di Perancis selatan setelah Marseille dan salah satu yang tumbuh paling pesat di Eropa.


Kota ini dikenal sebagai tempat dengan berbagai arsitektur yang menarik, air mancur, dan juga tempat mencari berbagai makanan yang lezat dengan citarasa ala Perancis. Kota kecil ini memang tidak terlalu dikenal, namun Toulouse ternyata cukup besar untuk menampung para pendatang. Dari waktu ke waktu, wajah Toulouse tak banyak berubah. Padahal, kota ini pernah diduduki Celtic, Romawi dan Jerman. Bangunan-bangunan tua yang hampir bisa dipastikan terbuat dari batu bata merah berdiri kokoh di seluruh penjuru kota. Dari situ pula Toulouse mendapatkan julukan sebagai pink city.


Untuk mengamati keindahan kota Toulouse, berjalan kakilah di sekeliling Capitolium. Tak jauh dari sana, berdiri salah satu bangunan penting bagi sebagian besar warga kota, Gereja Saint Sernin Basilica. Bangunan dengan menara setinggi 65 meter ini menjadi saksi bisu perjalanan kekatolikan warga setempat. 10 menit berjalan kaki dari Gereja Saint Sernin Basilicia, ada sungai Garrone nan menawan. Sungai ini mengalir melintasi Toulouse menuju Bordeaux sebelum akhirnya bermuara di lautan Atlantik. Ada dua jembatan yang membentang di sana, salah satunya dibangun pada abad ke-17. Sungai ini sangat menarik ditelusui baik siang maupun malam. Pada malam Selasa, Jumat, dan Sabtu, tepi sungai Garrone terasa amat 'hidup'. Jika Anda ingin makan malam dengan suasana berbeda, cobalah kafe di atas kapal tepi sungai Garrone.


Jika tepi sungai Garrone belum memuaskan pandangan, langkahkan kaki kembali ke arah Capitolium. Beberapa blok dari Saint Pierre Square terdapat Bemberg Foundation yang juga dijuluki museum Hotel d'Assezat. Kisah di balik berdirinya museum tersebut merupakan sisi lain kota Toulouse yang mulai terlupakan. So, jika anda berkunjung ke Perancis, jangan hanya terpaku ke Paris saja... Sempatkan diri untuk mengunjungi Toulouse. Pasti anda akan jatuh cinta.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...