Ads 468x60px

Senin, 12 September 2011

Hutan Hujan Tropis Sumatera; Warisan Dunia yang Terancam


Beberapa bulan yang lalu, Pertemuan World Heritage Committee di Paris mengumumkan Hutan Hujan Tropis Sumatera sebagai Daftar Warisan Dunia yang Terancam (List of World Heritage in Danger). Keputusan ini diambil International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan UNESCO karena hutan Sumatera memerlukan restorasi secepatnya. Ini menjadi pesan bagi seluruh warga dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya untuk segera melakukan pelestarian.

Selain hutan Sumatera, wilayah lain yang juga masuk daftar serupa adalah Cadangan Biosfer Rio Platano-Honduras. Wilayah yang terdiri dari hutan, kawasan hutan bakau, coastal lagoon, dan savana ini masuk dalam daftar itu merajalelanya perusakan tanpa ada hukum yang melindungi. Sebelumnya, wilayah Virgin Komi Forest di Rusia dan Machu Picchu-Inca telah dimasukkan ke dalam daftar yang sama.

Tugas kita lah para penerus bangsa untuk melestarikan warisan nenek moyang ini. Bukan hanya hutannya tapi segala keaneka ragaman hayati yang terkandung di dalamnya. Kita mulai dari diri sendiri, mulai sekarang dan mulai dengan cara termudah; komunikasi, informasi dan edukasi. Menulis di status facebook, twitter, BBM, blog dan lain sebagainya. Ayo! Sebelum terlambat!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...